Selamat Datang di Blog Panduan Kebidanan dan Kesehatan Keluarga. Berbagai macam info dan tips mengenai kebidanan dan serba serbi kesehatan keluarga tersaji disini dan dikemas secara apik dan enak dibaca, cocok untuk dibaca mahasiswa kebidanan pada khususnya, dan wanita pada umumnya. semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin.
 

Jumat, 05 Juli 2013

Tips Dapur Menjelang Puasa

0 komentar




 



 Ada baiknya kita menjelang puasa kita mulai mempersiapkan apa saja yang harus ada di dapur agar saat membutuhkan saat sahur dan berbuka kita tak lagi bingung mencarinya…

1. Telur
Telur mengandung protein yang baik untuk kinerja otak dan tubuh secara keseluruhan. Selain itu telur bisa menjadi alternative termudah menu masakan saat darurat, seperti telur dadar atau telur ceplok,

2. Ikan
Sama seperti telur, ikan juga berfungsi untuk memperkuat kinerja otak. Menurut sebuah penelitian di Jepang, hewan laut ini juga ampuh dalam mempertajam ingatan, sehingga Anda dapat terus berkonsentrasi di siang hari walau dengan perut kosong. Ada baiknya Anda menyajikan menu masakan ikan sebagai salah satu menu baik berbuka mau pun sahur.

3. Sayur
Selain mengandung serat dan vitamin tinggi, rasa segar sayur dapat dapat mencegah tubuh dari kekeringan dan juga menghilangkan rasa haus, lapar, dan lemas saat berpuasa. Jadi tak ada salahnya menyuguhkan sayur berkuah saat sahur.

4. Daging
Siapa bilang lemak hanya bisa bikin gemuk? Lemak juga penting dalam memproduksi energi sebagai motor penggerak aktivitas tubuh sehari-hari. Menu berbahan daging dapat Anda sajikan saat sahur sebagai modal energi di siang hari, maupun saat berbuka untuk me-recharge energi yang terpakai selama berpuasa.

5. Mentega
Selain dapat digunakan untk olesan pada roti, mentega pun bisa Anda gunakan sebagai pengganti minyak goreng saat dibutuhkan, atau untuk varias rasa masakan Anda.

6. Buah
Siapkan selalu buah-buahan baik untuk sahur atau pun berbuka agar tubuh tetap segar dan bugar. Pilih buah-buahan segar dan mengandung banyak air untuk sahur, seperti semangka, apel, atau jeruk. Sedangkan untuk berbuka, Anda dapat menyantap kurma, atau sajian khas berbuka puasa, seperti es kelapa muda atau kolak pisang.

7. Resep masakan
Yang satu ini bisa dikatakan sangat penting. Cobalah untuk menyusun resep masakan yang akan Anda sajikan untuk sahur dan berbuka selama berpuasa. Selain agar tidak bosan, juga tidak membuat otak berpikir keras karena bingung harus makan apa untuk berbuka atau sahur.

Lenny (berbagai sumber)

klubnova.tabloidnova.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar