Selamat Datang di Blog Panduan Kebidanan dan Kesehatan Keluarga. Berbagai macam info dan tips mengenai kebidanan dan serba serbi kesehatan keluarga tersaji disini dan dikemas secara apik dan enak dibaca, cocok untuk dibaca mahasiswa kebidanan pada khususnya, dan wanita pada umumnya. semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin.
 

Selasa, 27 November 2012

Kesiapan menjadi ibu Pasca melahirkan

0 komentar

Jangan terlalu memaksakan diri

Wajar bila Ibu merasa sedikit kewalahan pada awalnya. Pada nantinya Ibu akan lebih mudah dan terbiasa dengan rutinitas bayi Ibu. Pusatkan saja perhatian pada bayi Ibu dan diri Ibupada minggu-minggu pertama. Jangan memaksa diri melakukan terlalu banyak hal. Mintalah bantuan dari orang-orang sekitar Ibu. Mungkin ada banyak orang yang siap membantu, jadi jangan takut meminta.


Mencari saran

Tanyakan saran orang-orang disekitar Anda. Bicaralah pada suami, keluarga, teman, atau dokter. Menurut sebagian ibu,forum adalah tempat yang berguna untuk mendapatkan saran, dukungan dan tips. Sangat menyenangkan bila Ibu dapat mencari kelompok ibu dan bayi di lingkungan Ibu. Dalam kelompok ini, Ibu bisa bertukar cerita dan punya sedikit waktu bersama para ibu dalam situasi yang sama. Dan Ibu tidak lagi merasa sendirian.

Percaya diri


Tidak ada perlunya terlalu terpaku pada benar atau tidaknya apa yang Ibu lakukan. Selama Ibu menggunakan akal sehat, Ibu akan baik-baik saja. Kami bisa memberikan panduan tentang hal-hal praktis seperti cara menggendong bayi , memberi makan bayi , cara mengganti popok  dan banyak lagi tips dan bantuan praktis lainnya.

Biarkan orang lain membantu Ibu

Jangan berusaha melakukan segala sesuatunya sendiri. Biarkan keluarga atau teman membantu Ibu. Banyak orang yang begitu ingin membantu hanya mungkin mereka tidak tahu apa yang bisa mereka lakukan untuk membantu. Jadi jangan ragu untuk memberi tahu mereka. Berikut ini beberapa saran untuk memanfaatkan bantuan orang-orang tersebut:

• Daripada repot-repot membuatkan teh dan menghidangkan biskuit saat ada keluarga atau teman dekat datang, tunjukkan saja mereka arah ke dapur dan minta mereka untuk membuat teh sendiri. Jika Ibu beruntung, mereka mungkin saja juga membuatkan Ibu makan siang!

• Kakek, nenek dan teman yang penasaran sering kali sangat ingin menggendong bayi Ibu dan menimangnya. Manfaatkan itu sebaik-baiknya dan biarkan mereka meluangkan waktu dan bicara sana sini tentang anggota keluarga baru itu.

• Berbelanja sambil membawa bayi bisa sangat merepotkan. Jadi mengapa tidak menitipkan beberapa barang yang perlu dibeli pada saudara atau teman Ibu.

Merawat diri Ibu

Banyak ibu lupa bahwa merawat bayi baru lahir sangat menguras energi, jadi pastikan Ibu juga merawat diri Ibu sendiri . Ibu harus memastikan bahwa Ibu cukup tidur dan berolahraga  agar tubuh dan pikiran Ibu siap menghadapi hari.


nutriclub.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar