Selamat Datang di Blog Panduan Kebidanan dan Kesehatan Keluarga. Berbagai macam info dan tips mengenai kebidanan dan serba serbi kesehatan keluarga tersaji disini dan dikemas secara apik dan enak dibaca, cocok untuk dibaca mahasiswa kebidanan pada khususnya, dan wanita pada umumnya. semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin.
 

Selasa, 27 November 2012

Tips agar bisa tidur lebih lama

0 komentar

Tips agar bisa tidur lebih lama

• Rintangan besar teratasi bila Ibu bisa menemukan cara untuk melakukan semacam rutinitas  dalam mengurus bayi. Ibu dapat mencoba membuat bayi Ibu tidur siang secara teratur pada siang hari, dan mendapatkan kesempatan untuk mengistirahatkan diri Ibu sendiri. Pilih waktu istirahat yang paling cocok dengan Ibu dan bayi ibu. Coba istirahat setelah waktu makan siang, atau jadwal dalam 'sesi tidur' atau waktu-tenang.

• Banyak ibu yang sulit untuk bisa tertidur karena mengingat terus tugas-tugas kecil yang harus mereka lakukan. Cara untuk mengatasinya adalah dengan menulisnya agar keluar dari pikiran sebelum Ibu tidur siang.

• Rutinitas tidur yang tenang untuk bayi Ibu sangat penting dan bisa mujarab sekali. Usahakan untuk tenang satu jam sebelum waktu dia harus tidur. Rutinitas tidur artinya Ibu punya waktu untuk Ibu sendiri beristirahat dan merasa rileks, karena Ibu tahu bayi Ibu tidur dengan tenang dibalik selimutnya.

• Saat bayi Ibu menangis memerlukan Ibu di tengah malam, akan lebih mudah bagi Ibu untuk kembali tidur bila lampu dimatikan.

• Pada hari Sabtu dan Minggu, merawat bayi bisa dilakukan bergantian dengan suami. Salah satu dari Anda berdua bisa bersantai di hari Sabtu kemudian yang lain bisa mengganti kurang tidurnya di Minggu pagi. Dalam beberapa hal, mudah-mudahan Anda berdua bisa bergantian jaga-malam!


Tips untuk membantu mengatasi kelelahan

Tetap aktif di siang hari

Memang penting sekali bagi bayi Ibu untuk tidur siang secara teratur, namun Anda berdua juga perlu aktif di siang hari. Dengan berolahraga , Ibu akan mendapat lebih banyak energi dan juga jadi lebih mudah bagi Ibu untuk tidur atau mencuri kesempatan untuk tidur siang dengan nyenyak.

Ibu tidak harus mengikuti klub kebugaran. Cukup pergi keluar di udara terbuka dapat menjadi saat menyenangkan. Jadi, kunjungi teman, pergilah ke luar rumah dengan mendorong kereta bayi. Lakukan apa pun yang membuat bayi Ibu lelah agar enak tidur di malam hari. Dan bila Ibu perlu menyegarkan diri, cobalah tidur dengan minyak aromaterapi atau mandi dengan menyalakan lilin aromaterapi.

Makan untuk mendapatkan energi

Makan dengan baik dan tetaplah setia pada makanan yang menghasilkan energi dengan perlahan seperti jenis karbohidrat yang kaya serat & buah. Ibu perlu jenis makanan yang tidak membuat sementara dan menimbulkan kantuk seusainya. Dan, perbanyak minum air putih!

Tetaplah berpikiran positif

Terakhir, jika Ibu merasa sangat lelah dan berada di ambang kesabaran, ingatkan diri Ibu bahwa hal ini tidak akan berlangsung selamanya. Belailah bayi Ibu dan ingat betapa berharganya dia.



nutriclub.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar