Selamat Datang di Blog Panduan Kebidanan dan Kesehatan Keluarga. Berbagai macam info dan tips mengenai kebidanan dan serba serbi kesehatan keluarga tersaji disini dan dikemas secara apik dan enak dibaca, cocok untuk dibaca mahasiswa kebidanan pada khususnya, dan wanita pada umumnya. semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin.
 

Jumat, 23 November 2012

5 Penyebab Selaput Dara Robek

0 komentar

selaput dara
Ada tuh cewek yang emang bener-bener masih virgin, meski selaput daranya udah robek! Lho… kok?  Nggak usah confused gitu deh Girls. Selaput dara tuh cuman selaput kulit tipis lagi rapuh dengan panjang sckitar 1 inchi yang menutup sebagian lubang vagina. Kulit tipis ini bersifat: elastis, mudah meregang. Kalo terjadi peregangan yang melebihi maksimal daya regangnya, tuh selaput dara akan robek. Robeknya selaput data ini ditandai dengan keluarnya sedikit darah dari vagina.

Girls, persoalan robeknya selaput dara inilah yang sering jadi salah kaprah di masyarakat kita. Kebanyakan orang menyangka, robeknya selaput dara seorang cewek berarti ‘pecah’nya kegadisan doi! Padahal nggak ada hubungannya sama sekali, kan? Buat tambahan pengetahuan kamu, hymen (selaput dara) bisa robek karena bermacam-macam sebab. jadi nggak cuman karena penetrasi penis, doang! Agar kamu bisa ngejaga kondisi selaput dara kamu dengan sebaek-baeknya, perhatiin hal-hal yang bisa ngerobek selaput dara kamu. Selaput data bisa robek karena si empunya hymen:

1. Ngelakuin making love.
Kayak yang udah diterangin di atas, kebanyakan robeknya selaput dara emang karena penetrasi penis waktu making love. Karena posisi hymen yang menutup sebagian lubang vagina, maka kalo terjadi penetrasi penis, kemungkinan besar tuh hymen akan robek. So, buat: ngejaga keamanan your hymen, udah pasti kamu nggak usah deh ngelakuin making love sebelum akhirnya kamu nikah. Gitu, kan?

2. Ngelakuin olah raga yang terbilang berat.
Olah raga yang terbilang ‘berat’ semisal: bela diri, senam, ato juga ngelakuin ‘atraksi’ waktu ngikut jadi anggota cheer leader, dan laen laen bisa menyebabkan peregangan pada hymen. Kalo peregangannya lebih dari batas maksimalnya, tentu aja tuh selaput dara akan robek karenanya. Jadi, kalo kamu emang hobi ngelakuin olah raga ‘berat’, be careful deh waktu ngelakuinnya.

3 Ngelakuin pekerjaan yang berat
Gitu juga kalo kamu ngelakuin jenis-jenis pekerjaan berat, kamu mesti berhati—hati biar your hymen aman en’ selamat. Salah-salah waktu bekerja trus berakibat robeknya selaput data kamu bisa ngebuat kamu dapet tuduhan nggak bener!

4. Ngalami kecelakaan
Selaput dara bisa robek kalo si empunya ngalami kecelakaan, semisal: jatuh ato terjatuh. Biarpun yang namanya kecelakaan itu emang sulit dihindari, tapi yang namanya mencegah ato meminimalkan terjadinya kecelakaan perlu kamu lakuin.

5. Salah waktu memake tampon
Bener-bener be careful kalo kamu mo make tampon buat nyerap darah menstruasi kamu. Salah dalam pemakeannya, bisa berakibat ‘gawat’ ‘tuk your hymen. Perhatiin bener-bener Cara makenya demi keamanan plus keselamatan kamu sendiri.

Girls, kamu harus berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga keutuhan selaput dara kamu sampai waktu pernikahan tiba. Biar bagaimana juga masyarakat masih ‘teguh’ memegang asumsi yang menyebutkan cewek yang nggak berdarah waktu malam pertama berarti  tuh cewek udah nggak virgin lagi.

tipswanita.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar