Selamat Datang di Blog Panduan Kebidanan dan Kesehatan Keluarga. Berbagai macam info dan tips mengenai kebidanan dan serba serbi kesehatan keluarga tersaji disini dan dikemas secara apik dan enak dibaca, cocok untuk dibaca mahasiswa kebidanan pada khususnya, dan wanita pada umumnya. semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin.
 

Senin, 20 Mei 2013

Basic Rule di MPASI

0 komentar

 
Basic Rule di MPASI

Menurut panduan terbaru dari WHO berikut panduan dasar dalam pemberian makanan untuk bayi adalah sebagai:

    Lahir – 6 bulan : ASI saja sesuka bayi, tidak boleh diberi apapun selain ASI, termasuk air putih. Hal ini berlaku juga untuk bayi yang non ASI, formula saja sampai dengan usia 6 bulan.
    6 – 7 bulan : mulai dikenalkan makanan padat pertamanya, dimulai dari yang teksturnya encer menyerupai ASI dengan rasa yang tidak jauh berbeda dengan ASI. Saat ini dapat diberikan bubur susu, puree sayuran, puree buah. Sebaiknya bayi dikenalkan terlebih dahulu dengan sayur yang rasanya tidak seenak buah.
    8 – 9 bulan : tekstur makanan bayi mulai semakin padat, pada usia ini dapat dikenalkan bubur saring (sebaiknya hindari memblender makanan)
    9 – 12 bulan : dapat dikenalkan nasi tim yang kadar airnya disesuaikan dengan kemampuan bayi mengunyah dan berlanjut menjadi makin meyerupai table food yang dinikmati oleh anggota keluarga yang lain.


makananbayi.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar