Selamat Datang di Blog Panduan Kebidanan dan Kesehatan Keluarga. Berbagai macam info dan tips mengenai kebidanan dan serba serbi kesehatan keluarga tersaji disini dan dikemas secara apik dan enak dibaca, cocok untuk dibaca mahasiswa kebidanan pada khususnya, dan wanita pada umumnya. semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin.
 

Selasa, 27 November 2012

Mengembalikan bentuk tubuh

0 komentar

Mengembalikan bentuk tubuh

Cara terbaik mengembalikan bentuk tubuh adalah dengan berolahraga. Tapi jangan melakukan apa pun pada 6 minggu setelah melahirkan normal atau 12 minggu setelah melahirkan dengan bedah caesar. Konsultasikan pada dokter apakah Ibu sudah siap secara fisik untuk memulai latihan-latihan tersebut.

Jangan lupa, tubuh Ibu memproduksi hormon khusus saat Ibu hamil yang meregangkan ligamen dan sendi Ibu untuk memungkinkan bayi tumbuh juga memperbesar panggul agar siap saat melahirkan. Hormon tersebut mungkin masih ada dalam tubuh Ibu, dan Ibu akan lebih rentan terhadap cedera bila terlalu cepat aktif.

Mulailah dengan gerakan ringan seperti jalan kaki perlahan sambil mendorong kereta bayi. Tingkatkan kecepatan setelah beberapa sesi.

Latihan penguatan dasar panggul yang dapat dilakukan di mana saja.

Bila dokter Ibu sudah mengizinkan, cobalah latihan aerobik bertahap; ikut klub senam, menari-nari di rumah, jalan cepat atau berenang.

Ajak bayi Ibu ketika melakukan senam ringan. Lakukan olahraga rutin mulai selama10 menit di antara rutinitas Ibu lalu meningkat menjadi 30 menit tiga kali seminggu.



Pola makan sehat

Pastikan Ibu mendapat zat gizi yang tepat paling sedikit 2.000 kalori per hari (bahkan lebih bila Ibu menyusui). Bagaimanapun, selagi Ibu perlu mendapat zat gizi yang tepat dan tidak berdiet, Ibu dapat menurunkan lemak Ibu, yang mungkin membantu penurunan berat badan dengan makanan tinggi serat dan rendah lemak.Ganti biskuit dengan buah segar sebagai camilan. Hati-hati dengan gula yang terkandung dalam minuman manis.


Menurunkan berat badan dan berolahraga saat menyusui

Bila Ibu menyusui, Ibu bisa dengan mudah menurunkan berat badan! Ibu tidak hanya menghilangkan lemak yang tertinggal tapi saat Ibu menyusui, tubuh Ibu menghasilkan hormon oksitosin yang akan membantu Ibu kembali fit seperti semula!

Berdiet pada masa menyusui bukan saat yang tepat. Ibu hanya akan kelelahan bila tidak makan dengan baik. Racun yang tersimpan dalam lemak tubuh akan dilepaskan ke aliran darah Ibu hingga mempengaruhi ASI.

Bayi Ibu juga mungkin tidak bisa mendapat semua zat gizi yang mereka butuhkan dari ASI. Ingat, jangan terlalu memaksakan diri, atau Ibu akan memiliki timbunan asam laktat di ASI Ibu. Dan hal itu tidak akan disukai bayi!

Olahragalah setelah menyusui agar payudara Ibu tidak terlalu berat. Gunakan bra yang menopang payudara dengan baik untuk mempertahankan bentuk tubuh Ibu !



nutriclub.co.id

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar